Langkah Sederhana Cara Memperbanyak ASI

Langkah Sederhana Cara Memperbanyak ASI

Langkah Sederhana Cara Memperbanyak ASI

Adalah normal untuk khawatir tentang persediaan susu ASI Anda saat Anda mulai menyusui bayimu.

Kamu tidak sendirian. Banyak ibu khawatir tentang berapa banyak susu yang mereka hasilkan dan apakah bayi mereka sudah cukup untuk memenuhi kebutuhannya yang terus bertambah.

Indikasi terbaik bahwa Anda menghasilkan cukup susu ASI adalah bayi Anda menambah berat badan dan tumbuh di sepanjang kurva pertumbuhannya. Adalah normal bagi bayi baru lahir untuk menurunkan berat badan dalam beberapa hari pertama, tapi kemudian mulai menambah berat badan lagi tiga sampai lima hari setelah kelahiran. Bayi biasanya kembali ke berat lahir mereka pada saat mereka berusia 14 hari. Berikut Langkah Sederhana Cara Memperbanyak ASI:

  • Biarkan bayi menyusu di setiap sisinya sampai dia menarik diri atau pergi tidur.
  • Tawarkan kedua payudara pada setiap saat bayi minum ASI.
  • Pompa jika dibutuhkan. Meski menyusui lebih baik, jika bayi tidak bisa menyusui secara langsung di payudara, gunakan pompa listrik kelas rumah sakit untuk pemompaan ganda (seperti Lactina atau Pump In Style). Pemompaan ganda telah terbukti meningkatkan kadar Prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang merangsang produksi susu. Pompa selama 10-15 menit per sesi. Sesi yang lebih panjang belum terbukti bermanfaat lagi dengan meningkatkan pasokan. Seiring dengan menyusui, Anda mungkin ingin menambahkan sesi pemompaan dua atau dua lagi kapan saja di hari Anda. Anda juga mungkin ingin menambahkan beberapa menit ekstra (5-10) pemompaan setelah bayi selesai menyusui.
  • Hindari botol atau empeng selama ini Biarkan bayi memenuhi semua kebutuhan mengisapnya di payudara. Kebutuhan bayi Anda untuk menyedot memastikan bahwa dia menghabiskan waktu yang cukup di payudara untuk merangsang suplai Anda.
  • Hindari suplemen termasuk makanan padat, air, jus, dan susu formula. Menambah ini akan menyebabkan menyusui bayi Anda kurang sering dan Anda mendapatkan lebih sedikit stimulasi. Anda bisa yakin bahwa bayi Anda sudah cukup dengan menghitung popok dan gerakan ususnya yang basah.

Jika bayi Anda memerlukan suplemen untuk alasan medis, pertimbangkan untuk menggunakan alat bantu perawatan di payudara Anda sehingga Anda dapat terus menerima stimulasi bayi yang penting

Related posts:

Leave a Reply