Manfaat Buah Mangga

Manfaat Buah Mangga

Manfaat Buah Mangga

Bila Anda menikmati makan buah mangga yang manis dan lezat setiap musim, Anda mungkin tidak memikirkan manfaat buah pada kesehatan yang luar biasa di setiap gigitannya. Mangga dikenal sebagai raja buah. Di luar rasa mangga yang manis dan lezat, mereka juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang menjamin kesehatan optimal Anda.

Selama beberapa dekade, mangga telah digunakan untuk mengenyangkan perut. Mirip dengan pepaya, mereka mengandung enzim tertentu dengan sifat menenangkan perut. Seiring popularitas mangga telah menyebar, banyak produsen makanan telah mencampur jeli, selai, labu, acar, bumbu, dan snack lain menggunakan rasa mangga murni.

Mangga kaya serat, jadi jika Anda makan setidaknya satu mangga setiap hari, Anda bisa mencegah sembelit dan gejala kolon lainnya. Penelitian yang dipublikasikan telah menunjukkan bahwa serat makanan memiliki efek positif dalam menghilangkan penyakit degeneratif, termasuk kanker dan kondisi jantung tertentu. Sekarang Anda memiliki lebih banyak alasan untuk memasukkan buah lezat ini ke dalam makanan harian Anda. Semakin banyak Anda beraktivitas berat, semakin banyak potasium yang Anda dapatkan, yang merupakan efek bermanfaat lainnya dari mangga yaitu kandungan kalium tinggi.

Mangga termasuk dalam keluarga yang sama dengan pistachio dan kacang mete. Mangga berasal dari Asia selatan, lebih khusus lagi di Burma dan India timur, hampir 3800 tahun yang lalu. Budidaya mangga pertama kali menyebar ke Malaysia, Asia Timur, dan Afrika Timur dan akhirnya diperkenalkan ke California sekitar tahun 1880. Mereka diperkenalkan ke Afrika dan Brasil oleh penjelajah Portugis, sementara budidaya mangga dimulai di Hawaii dan Florida sekitar abad ke-19.

Menurut kepercayaan India, mangga melambangkan kehidupan (buah nasional India) dan digunakan di hampir setiap ritual suci. Daun mangga hampir selalu digunakan untuk festival dan dekorasi pernikahan. ‘Chutney’ yang dibuat dari mangga di India dan telah menjadi populer di seluruh dunia. Saat ini, India tetap menjadi penghasil mangga terbesar di dunia, namun Thailand, China, Brazil, dan Meksiko juga telah membudidayakan buah yang sangat bermanfaat ini.

Mangga sangat rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium. Mereka juga merupakan sumber serat makanan dan vitamin B6 yang sangat baik, serta sumber vitamin A dan vitamin C. Mereka kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan tembaga, dan merupakan salah satu sumber quercetin terbaik, beta karoten, dan astragalin. Antioksidan kuat ini memiliki kekuatan untuk menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. Penyakit jantung, penuaan dini, kanker, dan penyakit degeneratif adalah karena adanya radikal bebas yang merusak sel.

Tonik yang dibuat dari mangga dalam jamu Tiongkok dikenal sebagai tonik yin, dan ini digunakan untuk mengobati gusi berdarah, anemia, batuk, konstipasi, mual, demam, mabuk laut, dan sebagai obat untuk pencernaan yang lemah.

Mangga memiliki kandungan vitamin yang mengesankan yang menjamin kesehatan secara keseluruhan. Mangga kaya potassium dan magnesium dan merupakan obat yang hebat untuk tekanan darah tinggi. Mangga juga mengandung selenium, kalsium, besi, dan fosfor. Manfaat buah mangga dikatakan sebagai sumber tenaga vitamin karena kaya akan riboflavin, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, niasin, folat, thiamin dan asam pantotenat. Komponen ini membantu Anda menghindari sejumlah penyakit yang bisa berasal dari kekurangan vitamin dan mineral ini. Kandungan vitamin E dalam buah ini bahkan bisa membantu meningkatkan aktivitas hormon Anda.

Mangga memiliki jumlah pektin dalam jumlah tinggi, serat makanan larut yang secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga bisa membantu mencegah berkembangnya kanker prostat. Baru-baru ini, penelitian di luar negeri menemukan bahwa senyawa dalam pektin dikombinasikan dengan galectin 3 (protein memainkan peran penting dalam semua tahap kanker). Investigasi ahli Kanker Eropa juga telah menemukan hubungan yang kuat antara manfaat buah dengan makan mangga dan menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

Promosikan Berat Badan

Konsumsi mangga adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. 150g mangga memiliki sekitar 86 kalori, yang bisa diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu, mereka mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan. Mangga milkshake akan mempercepat proses kenaikan berat badan karena mengandung susu, dan sangat lezat!

Related posts:

Leave a Reply